Komitmen 60 Tahun Friedrich Naumann Foundation Untuk Kebebasan

Perayaan 60 Tahun Friedrich Naumann Foundation for Freedom, Berlin, Jerman, 10 Mei 2018
Events11.05.2018
Kanselir Jerman, Angela Merkel pada Perayaan 60 Tahun Friedrich-Naumann-Stiftung für die Freiheit
Kanselir Jerman, Angela Merkel pada Perayaan 60 Tahun Friedrich-Naumann-Stiftung für die FreiheitFriedrich-Naumann-Stiftung für die Freiheit

Pada Kamis, 10 Mei 2018, perayaan 60 Tahun Friedrich Naumann Foundation für die Freiheit (Friedrich Naumann Foundation for Freedom) dilangsungkan secara meriah di Gedung STATION, Berlin. Acara ini dihadiri ratusan undangan, yang terdiri dari salah duanya adalah Kanselir Jerman, Angela Merkel dan Ketua Umum FDP, Christian Lindner.

Pada sebuah sistem politik, yayasan politik tentu memiliki relevansi yang tinggi dalam mempromosikan dan membentuk demokrasi dan masyarakat sipil yang kritis. Kebebasan yang bertanggung jawab untuk diri sendiri, orang lain dan keterlibatan warga negara dalam dan untuk masyarakat serta negaranya merupakan salah satu bentuk edukasi politik pada level individual yang dilaksanakan Yayasan Naumann. Relevansi dan tatanan demokrasi yang baik merupakan sebuah alasan penting keberadaan dan keberlangsungan Yayasan Friedrich Naumann dalam usaha pemberdayaan masyarakat terkait isu-isu ekonomi, sosial dan politik.

Tidak semua negara memiliki lingkungan yang kondusif untuk pertukaran gagasan demokrasi, namun usaha untuk memfasilitasi gagasan tersebut haruslah diapresiasi sebaik-baiknya. Masih banyak tempat di dunia dimana represi masih terjadi, kegiatan NGOs dibatasi dan beberapa dilarang untuk beroperasi, dan yang terburuk warganya sendiri dipersekusi. Kendati demikian, pada hakekatnya sebuah negara yang memberikan kebebasan pada warga negaranya untuk ikut serta dalam proses politik seyogyanya menghasilkan sebuah negara yang adil dan manusiawi.

Di dalam pidatonya, Kanselir Angela Merkel menyampaikan penghargaannya atas komitmen 60 tahun Yayasan Friedrich Naumann dalam mengedepankan hak-hak sipil dan kebebasan di seluruh dunia. Disebutkan lebih lanjut bahwa Yayasan 'Untuk Kebebasan' merupakan sebuah ikrar dan harapan yang besar. Penambahan kata kebebasan pada nama Yayasan Naumann sebelas tahun yang lalu bukan hanya tercantum sebagai hiasan kata saja, tetapi telah menjadi janji yang ditepati oleh Yayasan. Yayasan Naumann tidak takut untuk menghadapi dan menanggapi topik-topik sulit dan ikut terlibat aktif dalam perdebatan-perdebatan mengenai isu-isu terkini. 

Pada akhir pidatonya, Kanselir Angela Merkel menyampaikan, "Saya tidak tahu apakah Friedrich Naumann setuju dengan penamaan yayasan atas namanya, terapi saya yakin bahwa Friedrich Naumann bangga atas pencapaian Yayasan selama 60 tahun ini."