Kunjungan Direktur FNF Regional, Mr. Siegfried Herzog, di Jakarta

Message08.09.2015
FNF Regional

FNF dan Kemenkumham telah berpartner, sejak penandatanganan MOU pada 17 Maret 2015, kesepakatan kerja sama ini kemudian akan berlangsung selama tiga tahun. Salah satu bentuk kerja sama antara FNF dan Kemenkumham yang telah terselenggara dengan sukses adalah public speaking yang telah dilaksanakan di Batam pada bulan Agustus lalu. Suksesnya acara ini menjadi alasan utama untuk menyelenggarakan kembali public speaking pada 11-13 September 2015 yang akan datang. Sebagai partner lembaga pemerintahan, Kemenkumham bertugas untuk memonitor segala kegiatan yang dilakukan oleh FNF, terhitung sejak Maret tahun ini. Pada kunjungannya Mr. Siegfried Herzog sebagai Regional Director FNF Asia Tenggara dan Asia Timur bertemu dengan Bapak Menteri Hukum dan HAM, Dr. Yasonna Laoly. Pada pertemuan ini diharapkan mampu mempererat kerjasama antara FNF dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam mempromosikan demokrasi, pluralisme dan HAM.

FNF Regional
Menteri Kemenkumham Dr. Yasonna Laoly dan Mr. Siegfried Herzog
FNF Regional
Kiri-kanan: Mr. Moritz, Bpk. Ansaruddin Kepala Biro Humas & KLN Kemenkumham, Mr. Siegfried Herzog

Adanya kunjungan Direktur FNF Regional, Mr. Siegfried Herzog ke Jakarta ini menjadi momentum untuk mempererat kerja sama antara FNF dengan beberapa partner, salah satunya adalah PDI Perjuangan. PDI Perjuangan telah menjadi partner FNF sejak tahun 1995. FNF sangat mengapresiasi kemitraannya dengan PDI Perjuangan.

FNF Regional
Mr. Siegfried Herzog dan Bpk. Ir. Hasto Kristianto, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan

Meeting Direktur FNF Regional, Mr. Siegfried Herzog dengan Partai Demokrat yang dilaksanakan pada Sabtu, 5 September 2015 dihadiri juga oleh Mr. Moritz dan Program Officer dari FNF yang merupakan kader dari Partai Demokrat yaitu Bapak Husni Thamrin. Kerjasama antara Partai Demokrat dan FNF sudah berlangsung sejak lama. Banyak sudah kerja sama yang telah dilaksanakan antara FNF dan Partai Demokrat, misalnya adalah workshop yang dihadiri oleh para ahli yang membahas isu-isu terkini. FNF juga pernah melaksanakan kegiatan seminar mengenai isu ekonomi, perubahan iklim dan ideologi Pancasila dalam praktik demokrasi di Indonesia. Kemudian di tahun 2011 dan 2013 FNF bersama dengan Partai Demokrat juga melakukan kegiatan pelatihan kepemimpinan di beberapa provinsi, seperti Sumatera, Jawa, Sulawesi dan NTB.

FNF Regional

Pertemuan kali ini dengan SEJUK adalah untuk memperkenalkan SEJUK dengan Regional Director FNF Asia Tenggara dan Asia Timur. Hadir dalam pertemuan ini adalah perwakilan dari SEJUK: Ahmad Junaidi (Direktur SEJUK), Andy Budiman (Penasihat SEJUK), Saidiman (Staf SEJUK), Rifah Zainani (Staf SEJUK), Malya (Staf SEJUK). Pembahasan utama adalah seputar kerjasama SEJUK dengan FNF sejauh ini, dan juga mengenai MoU antara FNF dengan Kementerian Hukum dan HAM RI yang berdampak pada kerjasama SEJUK-FNF. FNF yang sudah sejak awal mendampingi SEJUK dalam kegiatannya, memiliki wawasan yang sama dengan SEJUK dalam hal mempromosikan nilai-nilai pluralisme dan toleransi antar umat beragama. Di samping itu, kedua lembaga ini memiliki tujuan yang sama dalam bidang hak asasi manusia, yakni membela hak-hak kaum minoritas di Indonesia. Kami berharap setelah pertemuan ini, kerjasama antara kedua lembaga dapat berkesinambungan dan berjalan lebih erat lagi dimasa akan datang.

FNF Regional