Melawan Hoax SARA dalam Tahun Politik

Workshop Meliput Keberagaman, Bandung, 24 - 27 Februari 2018
Events28.02.2018FNF Indonesia
FNF Indonesia

Pada tanggal 24 - 27 Februari 2018, Friedrich Naumann Foundation (FNF) Indonesia yang berkerjasama dengan Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (Sejuk) mengadakan lokakarya yang bertajuk "Meliput Keberagaman: Melawan Hoax SARA dalam Tahun Politik" di Bandung yang diikuti oleh 25 mahasiswa anggota Lembaga Pers Mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia. Workshop dimulai dengan pemaparan materi mengenai prinsip-prinsip jurnalisme keberagaman oleh Andy Budiman dan dilanjutkan dengan penjelasan materi mengenai kebebasan beragama & berkeyakinan oleh Saidiman Ahmad dari Saiuful Mujani Research & Consulting (SMRC).

FNF Indonesia
FNF Indonesia

Hari kedua dimulai dengan penjelasan HAM, Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan oleh Daniel Awigra dari Human Rigthts Working Group (HRWG), dilanjutkan dengan pemaparan pandangan Cania Citta mengenai perempuan di media. Pada hari ketiga dan keempat, peserta mempelajari Teori dan Teknik Video Jurnalistik,  Media Sosial dan Produksi Vlog Keberagaman oleh Goen Goenawan yang merupakan video editor dan Tantowi Anwari dari Sejuk. 

FNF Indonesia
FNF Indonesia

Untuk membuka wawasan para peserta, kami mengadakan field visit reportase keberagaman di Gereja Kristen Pasundan Bandung – Kebon Jati  dan Masjid Ahmadiyah An-Nasir dimana peserta disana berinteraksi secara langsung oleh kelompok minoritas agama yang berbeda dengan mereka. Peserta diharapkan dapat menerapkan pengetahuan dan keterampilan baru yang diperoleh di Lokakarya ini di Lembaga Pers Mahasiswa di masing-masing kampus mereka.

FNF Indonesia
FNF Indonesia