Partners

Mitra Utama | Partai Politik | Mitra Internasional


Mitra Utama

KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA

Image result for kemenkumham

FNF dan KEMENKUMHAM RI memulai tahap pembicaraan kerjasama antara kedua lembaga pada November 2014, yang kemudian dituangkan dalam penandatanganan Memorandum Saling Pengertian(MSP) di tanggal 17 Maret 2015 lalu. FNF dan KEMENKUMHAM RI memiliki visi yang sama yaknipentingnya penguatan demokrasi, Rule of Law, dan perlindungan terhadap Hak Asasi Manusia (HAM) diIndonesia. Dengan menjunjung tinggi visi tersebut, kami berkomitmen untuk bekerja sama sebagai mitra kerja selama 3 tahun dan seterusnya. Kerja sama tersebut dilandaskan atas maksud dan tujuan bersama untuk mengembangkan kapasitas sumber daya manusia (SDM), meningkatkan kinerja serta mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi KEMENKUMHAM RI.

FREEDOM INSTITUTE

Picture1

Freedom Institute adalah mitra CSO utama FNF dalam menyampaikan isu-isu ekonomi, kebijakan sosial, hak kepemilikan, kewirausahaan, korupsi, dan mempromosikan isu terkait usaha kecil dan menengah (UKM). FNF dan Freedom Institute secara bersama mengadakan lokakarya, seminar, dan diskusi publik. Sebagai tambahan pada isu-isu utama tersebut, Climate Change atau Perubahan Iklim telah menjadi topik yang penting di berbagai lokakarya di Jakarta, Bandung, Lombok, dan daerah lainnya di Indonesia.

SEJUK

Sejuk

 

Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (SEJUK) adalah sebuah jaringan yang terdiri dari jurnalis-jurnalis yang mempromosikan toleransi, kebhinekaan, pluralisme dan hak minoritas keagamaan. Jaringan ini terdiri dari jurnalis dari media cetak dan online dan juga mahasiswa jurnalis kampus. Kerjasama SEJUK dengan FNF berfokus pada pelatihan jurnalis kampus dalam menulis artikel dan laporan yang berhubungan dengan isu-isu pluralisme. Melalui pelatihan ini, mahasiswa tersebut berkesempatan untukmenggali dan memahami isu-isu dari perspektif pluralistik dan melaporkannya di media kampus (seperti bulletin kampus, newsletter kampus, dsb.). Dalam pelatihan ini, jurnalis senior dari berbagai media nasional seringkali diundang sebagai narasumber.


Partai Politik

PDI PERJUANGAN

logo-pdip-ilustrasi-_120915200606-591

FNF dan PDIP telah memulai kerjasamanya sejak sekitar tahun 1995 dalam konteks Forum Politisi. Banyak anggota PDIP yang terlibat sebagai peserta di dalam kegiatan Forum Politisi ini. Tak lama setelahitu, PDIP dan FNF bekerjasama lebih erat lagi antara keduanya dan mulai merencanakan dan melakukan pelatihan lainnya. Banyak dari anggota PDIP juga terlibat dalam pelatihan kami di Jerman, seperti mengikuti seminar dan pelatihan yang diadakan oleh Akademi Kepemimpinan (IAF) di Gummersbach. FNF juga menyelenggarakan kunjungan bagi politisi-politisi PDIP, termasuk anggota parlemennya, ke Berlin dan Potsdam di Jerman.

PARTAI DEMOKRAT

Partai Demokrat telah menjadi mitra erat FNF sejak beberapa tahun lalu. Atas permintaan dari partai, sebuah MoU antara Partai Demokrat dan FNF telah ditandatangani pada tahun 2009. Semua kegiatan yang telah dilaksanakan adalah berdasarkan permintaan dari pihak partai dan melibatkan kantor Dewan Pimpinan Pusat partai dan juga kantor partai di tingkat daerah. Contoh dari program yang pernah dilakukan adalah: Lokakarya Staf Ahli Partai Demokrat, diskusi mengenai isu-isu terkini dan lokakarya strategi. Latar belakang kerjasama ini adalah bahwa Partai Demokrat menilai bahwa FNF memiliki nilai demokrasi dasar yang serupa seperti pluralisme, kebebasan, hak asasi manusia, penegakkan hukum.

PARTAI KEBANGKITAN BANGSA

FNF dan PKB telah memulai kerjasamanya sejak tahun 1998, segera setelah partai ini terbentuk. Sejak saat itu suatu kerjasama erat terjalin, terutama dalam bentuk pelatihan berbagai ketrampilan politik di daerah-daerah. Banyak dari anggota PKB juga terlibat dalam pelatihan kami di Jerman, seperti mengikutiseminar dan pelatihan yang diadakan oleh Akademi Kepemimpinan (IAF) di Gummersbach. FNF juga menyelenggarakan kunjungan bagi politisi-politisi PKB, termasuk anggota parlemennya, ke Berlin dan Potsdam di Jerman.


Mitra Internasional

EFN ASIA

EFN ASIA

EFN Asia adalah jaringan lembaga penelitian , praktisi , think- tank , dan individu yang berbagi tujuan mempromosikan manfaat dari ekonomi pasar , masyarakat sipil dan kebebasan individu untuk meningkatkan pembangunan manusia dan pertumbuhan ekonomi di Asia.

KELOMPOK KERJA UNTUK MEKANISME HAM ASEAN

Kelompok Kerja untuk Mekanisme HAM ASEAN ( Kelompok Kerja ) adalah koalisi regional LSM ​​, komite hak asasi manusia parlemen dan aktivis individu . Koalisi menyatukan kelompok-kelompok kerja nasional hak asasi manusia dari Kamboja , Indonesia , Malaysia , Filipina , Singapura dan Thailand.

COUNCIL OF ASIAN LIBERALS AND DEMOCRATS

Page 8_pict 3 - CALD Logo (1)

CALD adalah satu-satunya aliansi regional partai politik liberal dan demokratis di Asia . Didirikan pada tahun 2003 , ia menawarkan sebuah platform untuk dialog dan kerjasama antara partai politik liberal dan organisasi seperti hati dan individu tentang isu-isu pembangunan dan kekhawatiran di wilayah tersebut . Melalui forum yang dinamis , CALD upaya untuk mengungkap solusi liberal terhadap tantangan yang menakutkan demokrasi Asia . CALD berbasis di Manila.