Rapat Koordinasi Kerjasama Luar Negeri Kemenkumham

Bogor, 25-27 Mei 2016
Message01.06.2016
Rakor
Rakor

Kementerian Hukum dan HAM menyelenggarakan Rapat Koordinasi KLN bekerjasama dengan Friedrich Naumann Stiftung fur die Freiheit (FNF) Indonesia pada tanggal 25-27 Mei 2016. Bertempat di Hotel Royal Tulip Gunung Geulis Bogor, Rapat ini merupakan bagian dari Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerjasama Kementerian Hukum dan HAM. Rapat Koordinasi KLN dihadiri oleh 45 peserta yang merupakan perwakilan dari seluruh unit utama Kerjasama Luar Negeri.

Rapat Koordinasi KLN dibuka pada tanggal 25 Mei 2016 oleh Bapak Effendy Peranginangin sebagai Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerjasama. Dalam sambutannya, beliau menekankan perlunya kerjasama yang erat serta peran aktif dari seluruh unit untuk membangun dan memajukan bidang Kerjasama Luar Negeri (KLN). Selain itu, beliau juga berharap KLN tak hanya menjalin kerjasama dengan unit utama Kementerian Hukum dan Ham, namun juga dengan lembaga, kantor wilayah, berbagai mitra kerja dari negara lain.

“Tujuan Rapat Koordinasi KLN ini adalah untuk mewujudkan kerjasama dan koordinasi KLN di lingkungan Kemenkumham yang lebih komprehensif dan terencana”, demikian menurut Ibu Dwi Rahayu Eka Setyowati selaku Kepala Divisi Kerjasama Luar Negeri. Sehingga dalam Rapat Koordinasi KLN juga terdapat pembahasan mengenai tata kelola KLN, pending matters yang harus segera diselesaikan, maupun kerjasama dengan Negara lain seperti Maroko, Rusia, Belanda, Tiongkok, Timor Leste, dan Fiji.

Rapat Koordinasi KLN juga dihadiri oleh Resident Representative Friedrich Naumann Stiftung fur die Freiheit, Mr. Moritz Kleine-Brockhoff. Beliau menyampaikan bahwa Jerman dan Indonesia menjalin hubungan yang baik. Tentunya situasi ini juga memperlancar bidang kerja FNF Indonesia untuk memberikan pengetahuan dasar ketatanegaraan, hak asasi manusia, demokrasi, social market economy, dan tatanan negara hukum kepada masyarakat.