FGD Rekomendasi Kebijakan dan Climate Day IV

Kupang
Message11.05.2016
FGD Rekomendasi Kebijakan dan Climate Day IV

Ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan kotamadya yang memiliki potensi besar dalam sektor maritim dan pariwisata. Meskipun demikian kota Kupang masih terbilang dalam tahap pembangunan awal dimana infrastruktur-infrastruktur dasar perekonomian harus dirancang secara berkelanjutan dan direalisasikan dengan effisiensi waktu dan kualitas yang mumpuni.

Suhu rata-rata Kota Kupang yang tinggi dan intensitas curah hujan yang rendah hanya sebanyak 152 hari menjadikan kota kupang sangat rentan terhadapa permasalahan kesediaan ari. Ditambah lagi fenomena perubahan iklim yang menyebabkan meningkatnya suhu temperatur dunia akibat emisi anthropogen meningkatkan kompleksitas permasalahan ketersediaan air bersih di Kupang.

Pada hari Rabu tanggal 27 April 2016 FNF bersama teman-teman  politisi lintas partei di Kupang menyelenggarakan FGD untuk membahas perubahan iklim di Kupang. Acara dibuka oleh moderator Putri Potabuga yang menunjukan permasalahan-permasalahan ekonomi dan sosial yang dihadapi Kupang karena fenomena perubahan iklim.

FGD Rekomendasi Kebijakan dan Climate Day IV

Para politisi lintas partei mengeluhkan kinerja pemerintah dalam menanggulangi permasalahan air dan pembangunan ekonomi di kupang. Untuk saat ini hanya tersedia 18 bor sumur di seluruh kotamadaya Kupang, meskipun walikota pada masa kampanyenya menjanjikan untuk membangun lebih dari 200 sumur bor. Selain itu proyek-proyek infrastruktur sanitasi dicap oleh para politis sebagai proyek yang mubazir karena tidak melihat potensi daerah dan tinggalkan begitu saja setelah proyek selsai. Sebagai hasilnya terdapat banyak pipa saluran air yang tidak berfungsi dengan baik dan materialnya mulai berkarat.

FGD Rekomendasi Kebijakan dan Climate Day IV

Untuk keesokan harinya pada tanggal 28 April 2016 FNF mengunjungi Universitas Undana untuk menyelenggarakan acara climate day yang ke-empat. Dalam climate day kali ini FNF menggundang Bapak Jan Eoh dari DPRD dan Roy Haning dari Bappeda yang memberikan edukasi dasar tentang perubahan iklim dan pemanasan global.

FGD Rekomendasi Kebijakan dan Climate Day IV