FNF Germany

Headquarter
Kantor Pusat Friedrich Naumann Foundation, Postdam, Jerman
Kantor Pusat Friedrich Naumann Foundation, Postdam, JermanFNF Indonesia

Friedrich Naumann Foundation (FNF) adalah organisasi non-profit yang mempromosikan demokrasi, rule of law, kebebasan ekonomi dan menghargai Hak Asasi Manusia. FNF didirikan pada tahun 1958 oleh Theodor Heuss (1884-1963), Presiden pertama Republik Federal Jerman sebagai bentuk apresiasi kepada mentor politiknya, yaitu Friedrich Naumann (1860-1919), seorang pelopor politisi Jerman. Naumann percaya bahwa demokrasi akan bekerja dengan baik, edukasi masyarakat sangat diperlukan untuk membuat memberikan informasi politik dan edukasi kewarganegaraan yang tau bagaimana cara berpartisipasi dalam proses demokrasi dan dapat menyampaikan pendapat untuk kemajuan negara.

Bekerjasama dengan mitra-mitra lokal, FNF memberikan konsultasi kebijakan dan juga program edukasi untuk kepentingan anggota publik, LSM, dan agen pemerintah di seluruh dunia. Dalam menjalankan hal tersebut, FNF bertujuan untuk berkontribusi dalam masyarakat dunia yang lebih bebas, damai, dan terbuka dimana manusia hidup bebas dan damai.

www.freiheit.org

Naumann

For a fledging democratic system to succeed, we need citizens who understand the procedures, believe in democratic rules and get personally involved.

Friedrich Naumann

The Man Behind the Name

Friedrich Naumann (1860-1919)

Friedrich Naumann (1860 - 1919) adalah seorang pastor Jerman, politisi, dan penerbit. Pada tahun 1894 ia mulai menerbitkan koran mingguan “Die Hilfe” (The Help), yang mempromosikan nilai-niali sosial-liberalisme. Pada tahun 1905, harian tersebut memperkerjakan editor muda bernama Theodor Heuss. Pada tahun 1907 Friedrich Naumann menjadi anggota parlemen Jerman.

Setelah Perang Dunia I, ia mendirikan “Staatsbürgerschule” (Sekolah Rakyat) di Berlin. Hal tersebut menjadikan Naumann sebagai pelopor pendidikan politik di Jerman. “Untuk mencapai kedewasaan dalam berdemokrasi, kita perlu warga yang memahami prosedur, percaya pada aturan demokratis dan terlibat secara pribadi dalam politik”, tutur Naumann. Pada tahun 1918 ia menjadi ketua pertama Partai Demokrat Jerman (DDP), yang didirikan bersama dengan Theodor Heuss.

Sebagai anggota Majelis Nasional Weimar, Friedrich Naumann adalah salah satu perancang Konstitusi Republik Weimar, yang bertujuan untuk membangun demokrasi dan menstabilkan sistem demokarasi di Jerman. Friedrich Naumann meninggal tiga minggu setelah Konstitusi disahkan. Publikasi harian mingguan “Die Hilfe”  dilanjutkan oleh muridnya, Theodor Heuss, sampai regime Nazi memberhentikan paksa publikasi pada tahun 1936.

Setelah Perang Dunia II, Theodor Heuss menjadi ketua pertama Partai Demokrat (FDP) yang didirikan pada tahun 1948. Di tahun yang sama Theodor Heuss juga menjadi anggota dewan yang merancang Konstitusi Republik Federal Jerman. Setahun kemudian, Heuss terpilih sebagai Presiden Republik Federal Jerman. Pada tahun 1958 Yayasan politik FNF yang memiliki hubungan dekat dengan partainya, FDP, didirikan di kediaman Theodor Heuss. Dan Yayasan tersebut dinamakan atas nama mentornya: Friedrich Naumann.

Di tahun 2007 Friedrich Naumann Stiftung (Yayasan Friedrich Naumann) mengubah namanya dengan menambahkan kata “für die Freiheit” (Kebebasan). Dan pada saat itu nama yayasan menjadi Friedrich Naumann Stiftung für die Freiheit (Friedrich Naumann Foundation for Freedom).