Kendaraan Rendah Emisi Karbon: Salah satu jalan keluar bagi Indonesia?

Jakarta, 2020
Feature19.06.2020Yusa Cahya Permana
Kendaraan Rendah Emisi Karbon (Low Carbon Emission Vehicle): Salah satu jalan keluar bagi Indonesia?
Kendaraan Rendah Emisi Karbon (Low Carbon Emission Vehicle): Salah satu jalan keluar bagi Indonesia?

Buku ini adalah sebuah pengantar bagi para pembaca yang berminat dan ingin berkarya dalam pengurangan emisi GRK dan melawan krisis iklim di Indonesia, salah satunya dengan di sektor transportasi melalui Low Carbon Emission Vehicle (LCEV).

Secara garis besar, buku ini membahas pendekatan pengurangan emisi karbon di sektor transportasi melalui implementasi teknologi kendaraan LCEV, baik secara langsung maupun tidak langsung. Pembahasan lainnya adalah terkait potensi permasalahan teknologi LCEV dari sisi emisi karbon, yakni tidak optimalnya realisasi pengurangan emisi karbon atau bahkan kenaikan emisi karbon secara nasional akibat kelalaian pelaksanaan tindakan yang diperlukan.

LCEV dapat menjadi salah satu jalan keluar bagi Indonesia dalam mengurangi emisi karbon dari sektor transportasi apabila jika digunakan secara tepat. Diperlukan strategi, rencana, implementasi, koordinasi dan komunikasi yang kuat antar pemangku kepentingan serta kuatnya dukungan dan komitmen riil dari pemerintah untuk memastikan keberhasilannya.