Liberalisme Klasik: Perkenalan Singkat

Jakarta, 2019
Feature20.08.2019Eamonn Butler
Sampul Buku Liberalisme Klasik
Sampul Buku Liberalisme KlasikFNF Indonesia

Kata “Liberalisme” sering kali dikaitkan dengan kebebasan tanpa aturan. Seiring dengan 20 tahun era Reformasi di Indonesia, demokrasi saat ini acapkali dikatakan terlalu “liberal” dengan berkaca pada berbagai kebebasan yang berkembang.

Dalam hal kebebasan berpendapat misalnya, argumen “terlalu liberal” disematkan di tengah beragamnya ujaran dan opini di media seiring dengan arus informasi yang semakin bergulir. Kata “liberal” dikonotasikan sebagai kebebasan berpendapat tanpa filter yang kemudian dapat memicu salah paham atau bahkan konflik. Begitu pula dalam hal ekonomi, kata “liberal” acapkali diasosiasikan dengan “kapitalisme” yang kemudian berujung dengan “membuat yang kaya semakin kaya, dan yang miskin semakin miskin”. Apakah benar begitu?

Buku “Liberalisme Klasik: Perkenalan Singkat” karya Eamonn Butler ini menjadi panduan lengkap bagaimana memaknai liberalisme klasik. Selain mendiskusikan prinsip-prinsip dasar, buku ini juga membahas dengan lengkap sejarah pemikiran liberalisme klasik dari berbagai aspek baik kebebasan individu maupun ekonomi. Seiring dengan perkembangan dari gagasan liberalisme itu sendiri, buku ini juga kemudian membedakan liberalisme klasik dengan liberalisme yang di Amerika Serikat dan juga beberapa gagasan lainnya.

Buku ini diharapkan dapat membuka ruang untuk berdiskusi mengenai apakah konotasi “liberal” yang masih sering ditemui itu benar adanya. Sebagai bagian dari Memorandum Saling Pengertian (MSP) antara Friedrich Naumann Stiftung (FNS) Indonesia dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI yang ditandatangani di Jakarta tanggal 16 Oktober 2018 dalam kerjasama penguatan rule of law, hak asasi manusia, demokrasi dan good governance, buku ini diharapkan pula dapat membumikan liberalisme klasik di Indonesia sehingga tidak menjadi gagasan utopia semata.

 

Bacaan selengkapnya akan isi Buku "Liberalisme Klasik" dapat diakses pada laman Scribd FNF Indonesia di atas.