Live Freedom, Sing Freedom

Kontes Cipta Lagu diselenggarakan oleh FNF Indonesia
Announcement28.05.2020Committee Living Freedom Indonesia
Header Website Living Freedom Indonesia
FNF Southeast and East Asia

Raise your voice for freedom. Ungkapkan kebebasanmu melalui lagu!

Kami mengundang seniman dan pemusik Indonesia untuk bergabung dalam kontes cipta lagu Living Freedom. Kontribusi untuk biaya produksi sebesar 500 Euro disediakan bagi tiga karya lagu terbaik di tingkat nasional. Penampil dan karya terpilih terbaik I nantinya akan diikutsertakan dalam kontes tingkat Asia Tenggara dan memperoleh kesempatan untuk mengunjungi Jerman!

Musik dan lirik lagu harus merupakan aspirasi tentang diri dan komunitasmu; sebuah melodi tentang kemungkinan masa depan yang cerah dalam semangat kebebasan.

Batas akhir penyerahan karya lagu adalah 24 Juli 2020.

Melodi untuk membela kebebasan

Indonesia memiliki sejarah panjang dalam perjuangannya meraih kemerdekaan dan kebebasan. Dalam alunan melodi, lagu bertajuk Indonesia Raya secara jelas menyampaikan pesan perjuangan dan pemersatu bangsa.

Komitmen pada kebebasan ditemukan dimana-mana, mulai dari tatanan politik, ekonomi hingga sosial. Di ranah pribadi, bagaimana pengalamanmu mempertahankan kebebasan? Semua orang berhak atas kebebasan berpendapat dan berekspresi; dan kami ingin kamu mengungkapkannya melalui sebuah lagu.

Kontes Cipta Lagu Living Freedom menyoroti pentingnya partisipasi publik dalam politik dan berupaya menemukan arti kebebasan dalam kehidupan sehari-hari. Kontes ini adalah panggung di mana kamu menyuarakan harapan-harapan dan himbauan untuk beraksi, bahwa apapun krisis yang kita hadapi kita yakin bahwa di balik rasa takut, kebebasan menanti kita. Kita semua bertanggung jawab untuk membentuk masa depan kita.

Kontes ini adalah tentang melodi yang menghidupkan perasaan dan emosi positif untuk memulai kembali dan merangkul kesempatan-kesempatan baru. Kontes ini menciptakan harmoni, paduan nada untuk mengingatkan kita agar selalu membela kebebasan.

Lini masa Kontes Living Freedom

  • 29 Mei – Peluncuran kontes cipta karya lagu Living Freedom
  • 24 Juli – Batas akhir pengiriman karya lagu
  • 31 Juli – Pengumuman Shortlisted Submissions
  • 03-07 Agustus – Webinar/ masterclass online untuk Shortlisted Submissions (Date Webinar To be Confirmed) 
  • 19 Agustus – Pengumuman Lima Lagu Terbaik
  • 03 September – Penampilan live Lima Finalis terpilih
  • (Date to be confirmed) November – Penampilan live tingkat Regional

Belajar, perkuat eksistensi, dan bertemu teman-teman baru dari Asia Tenggara!

Asia Tenggara memiliki sejarah yang serupa dalam perjuangannya meraih kebebasan. Kita tak lelah berjuang untuk kemerdekaan dari penjajahan dan pemerintahan diktator, penciptaan ruang dan pergerakan sipil, dan tersedianya informasi yang dapat dipercaya. Dalam situasi sulit seperti pandemi inilah esensi dan pentingnya kebebasan seringkali menjadi lebih jelas dan lebih mudah dipahami, sehingga komitmen untuk menjaganya semakin kuat.

Kantor-kantor FNF di Kawasan Asia Tenggara berkomitmen untuk terus mempromosikan kebebasan. Kantor perwakilan di Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, dan Thailand akan menyelenggarakan Kontes Living Freedom di negaranya masing-masing. Satu karya lagu terbaik di tingkat nasional akan diikutsertakan pada kontes tingkat regional.

Para finalis tingkat regional akan mengikuti sesi masterclass secara daring untuk membantu memperkuat komposisi musik mereka. Bersama-sama, mereka akan menciptakan sebuah lagu yang mencerminkan upaya solidaritas regional dan komitmen kepada kebebasan.

Pada November 2020, jika pandemi COVID-19 sudah teratasi, para finalis tingkat regional* akan diterbangkan ke Manila, Filipina, untuk menghadiri acara final di mana mereka akan menampilkan komposisi perorangan dan kelompok di hadapan penonton secara langsung. Penampil terbaik akan dipilih pada acara final dan mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Jerman.

EUR 500: Kontribusi untuk biaya produksi lagu terbaik I, II, dan III. Serta perjalanan ke Manila, Filipina untuk Penampil Terbaik I di tingkat Nasional

Kunjungan ke Jerman: Bagi Penampil Terbaik I di tingkat Regional

 

* satu orang perwakilan per negara

Catatan: Artikel ini mengalami perubahan pada 06 Juli 2020 untuk 1) Batas Pengumpulan Karya dan 2) Besaran Kontribusi Biaya Produksi untuk Lagu Terbaik I, II, dan III.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panita Living Freedom melalui surel ditujukan ke livingfreedomindonesia@gmail.com. Ketentuan mengenai kontes akan diinformasikan dalam beberapa hari ke depan. Kontes Cipta Lagu ini diselenggarakan oleh Friedrich Naumann Foundation for Freedom (FNF), sebuah yayasan politik Jerman yang mempromosikan demokrasi, dan memiliki kantor di Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand, dan 50 negara lain di seluruh dunia.