Membumikan Reformasi Birokrasi melalui Sadar Kebudayaan

Pelatihan "Manajemen Birokrasi dalam Sistem Demokrasi" Angkatan 1 - 3
Message26.12.2019
Salah satu kegiatan diskusi kelompok
Salah satu kegiatan diskusi kelompok

Selain menjanjikan ruang yang lebih terbuka untuk partisipasi publik, demokrasi di Indonesia juga memberikan kesempatan bagi birokrasi negeri ini untuk berinovasi dan membenahi diri. Agenda Reformasi Birokrasi telah menjadi agenda utama pemerintahan Indonesia sejak Reformasi. Hal ini tidak hanya terlihat dari penetapan otonomi daerah dan adanya transformasi nomenklatur kementerian menjadi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), namun juga munculnya berbagai inisiatif Aparatur Sipil Negara (ASN) di bidangnya masing-masing.

Pada kuartal akhir tahun 2019, FNF Indonesia bersama dengan Lembaga Gerak Pemberdayaan (Legepe) mengadakan serangkaian acara Pelatihan “Manajemen Birokrasi dalam Sistem Demokrasi” dengan tema “Reformasi Birokrasi berbasis Kebudayaan”. Acara yang dilaksanakan dalam 3 angkatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat administrator maupun pejabat pengawas di tingkat Kabupaten maupun Provinsi Jawa Tengah. Selama dua hari, peserta diajak memahami pengertian Reformasi Birokrasi, dasar hukum yang menjadi landasannya serta relevansinya dengan budaya masyarakat Jawa Tengah.

Reformasi Birokrasi bukanlah sekedar konsep tinggi semata, namun diperlukan cara yang “membumi” agar dapat dipahami dengan baik. Dalam pelatihan ini, berbagai konsep Reformasi Birokrasi dibumikan dengan berbagai istilah dalam Bahasa Jawa, seperti transparansi yang lekat dengan bloko suto, akuntabel atau opo onone, bersih dan bertanggung jawab atau adi luhung serta pelayanan masyarakat yang berbasis prinsip guyub rukun. Dalam hal ini, sadar kebudayaan menjadi jembatan untuk memahami Reformasi Birokrasi sebagai sesuatu yang telah mengakar sehingga optimalisasinya dapat menunjang para ASN untuk mewujudkan Jateng yang Gayeng.

Aktivitas kerja kelompok
Aktivitas kerja kelompok
Diskusi kelompok
Diskusi kelompok
Aktivitas Apresiasi Seni
Aktivitas Apresiasi Seni