Menuju Indonesia Sejahtera: Esai-esai Kebebasan Ekonomi

Jakarta, 2019
Feature27.03.2020Kompilasi Esai
Cover Buku Menuju Indonesia Sejahtera
Cover Buku Menuju Indonesia SejahteraFNF Indonesia

Ketika membicarakan kebebasan di Indonesia, aspek ekonomi seringkali luput bahkan masing asing dalam pembicaraan publik. Pembicaraan mengenai kebebasan ekonomu seringkali berada di tataran akademisi, praktisi dan pembuat kebijakan sehingga gaungnya tidak didengar sekeras pembicaraan mengenai kebebasan sipil dan politik, misalnya.

Buku ini merupakan kumpulan esai hasil dari Kompetisi Menulis Esai "Kebebasan Ekonomi untuk Indonesia Sejahtera" pada bulan Januari-Maret 2019. Kompetisi ini bertujuan untuk membuka ruang dialog kepada publik Indonesia, khususnya generasi muda, terhadap isu-isu kebebasan ekonomi.

Sembilan esai terpilih dalam buku ini merupakan cermin bagaimana generasi muda Indonesia memaknai kebebasan ekonomi yang bertujuan mewujudkan Indonesia sejahtera. Terdapat tiga pokok bahasan dalam esai-esai ini, yaitu perlindungan hukum atas kepemilikan pribadi; pertukaran sukarela, kompetisi dan inovasi dalam pasar; dan negara dan pasar.

 

Bacaan selengkapnya akan isi Buku "Menuju Indonesia Sejahtera: Esai-esai Kebebasan Ekonomi" dapat diakses pada laman Scribd FNF Indonesia di atas.