Pelatihan Komunikasi Media untuk Anggota Fraksi Partai PDIP di Jakarta

Message11.11.2015
Pelatihan Komunikasi Media untuk Anggota Fraksi Partai PDIP di Jakarta

Kamis, 5 November 2015 - Friedrich Naumann Foundation (FNF) bekerjasama dengan Partai PDIP melaksanakan Pelatihan Komunikasi Media untuk anggota fraksi PDIP DPRD, pengurus DPD, dan DPC PDIP di Jakarta. Pelatihan berlangsung dari jam 10.00 hingga jam 19.00 di kantor DPD PDIP Tebet dan dihadiri oleh 25 peserta.

Sebagaimana peran media saat ini yang begitu potensial dalam mempengaruhi publik, maka kemampuan berkomunikasi para pemimpin partai politik pun harus dibangun dengan baik. Terutama dalam masa kampanye Pemilu, seorang calon pemimpin partai politik memiliki kesempatan besar untuk dipilih jika mampu bersikap baik dan positif di hadapan media.

Dipandu oleh trainer Bahrul Wijaksana (Communication Specialist) dan Co-trainer Rudy Fitriyandanu (Presenter TV Beritasatu), para peserta belajar banyak hal mengenai cara berkomunikasi di hadapan media, terutama cara menyampaikan pendapat ataupun saat berkampanye di depan publik. Pada pelatihan ini peserta juga dilatih untuk menghadapi wawancara di depan kamera serta mampu mempraktikkan debat yang konstruktif.

Beberapa tujuan khusus dari pelatihan ini adalah:

  1. Mampu menyampaikan argumentasi dengan struktur yang baik
  2. Mampu menyampaikan pidato dan berbicara di depan publik dengan teknik-teknik public speaking sekarang
  3. Mampu mengelola informasi dan penyampaian pendapat ketika wwawancara dengan media terutama TV
  4. Mampu mempraktikkan debat dengan konstruktif dan berorientasi pada penyelesaian masalah.

Secara keseluruhan pelatihan tersebut berlangsung lancar dan efektif. Peserta sangat antusias mengikuti berbagai macam sesi pelatihan. Dengan adanya pelatihan ini,diharapkan kedepannya kemampuan anggota partai PDIP dalam berkomunikasi di hadapan media maupun publik menjadi semakin baik.