Seminar Nasional “Hutan dan Perubahan Iklim”

Message22.02.2016

Seminar Nasional yang diselenggarkan FNF di Jambi diikuti lebih dari 150 peserta. Pembicara yand didatangkan kali ini adalah Dekan Fakultas Ilmu Kehutanan dan anggota DPRD Jambi Pak Sofyan Ali.

Kata sambutan dari Program Officer FNF Pak M. Husni Thamrin membuka acara hari ini. Setelah pembukaan moderator Nur Kholim menggambarkan persoalan hutan di Jambi dan memperkenalkan para pembicara untuk sesi diskusi selanjutnya.

Pada sesi berikutnya Dekan Fakultas Ilmu Kehutanan Universitas Jambi menjelaskan dari perspektif politik kesepakatan yang dicapai di COP 21. Pencapaian negara pada perjanjian di Paris merupakan sebuah aksi yang konkret dan jelas. Kemudian beliau menambahkan aspek teknis mengenai efek gas rumah kaca dan memaparkan produk-produk anthropogen yang menghasilkan emisi.

Salah satu solusi yang ditawarkan oleh Dekan Fakultas Ilmu Kehutanan terkait pengurangan emisi adalah pengunaan biofuels. Saat ini Fakultas Ilmu Kehutanan berhasil membangun “pulau-pulau” pohon di tengah kelapa sawit dan metode ini merupakan sutu bentuk pengunaan fungsi lahan yang berkelanjutan. Di tengah-tengah perkebunan minyak sawit bisa ditanami berbagai jenis tumbuhan seperti jengkol, petai, durian dan berbagai macam pohon produksi. Dengan menggunakan fiksasi nitrogen tumbuhan dan tanaman di perkebunan sawit dapat tumbuh cepat dan optimal.

Setelah itu Pak Sofyan Ali memberikan gambaran singkat mengenai pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan di Jambi. Beliau menekankan bahwa di samping persoalan ekonomi ada masalah konglomerasi. Pak Sofyan mempertegas bahwa Sinar Mas memiliki kebun di Jambi yang sama luasnya dengan satu Kabupaten. Dikarenakan biaya murah perusahaan melakukan land-clearing dengan metode membakar lahan.

Seminar ditutup oleh moderator Nur Kholim yang mendorong anak-anak muda Jambi untuk memonitor performa permerintah kabupaten maupun provinsi khususnya dalam mengatasi masalah kebakaran hutan di Jambi.

Seminar Nasional “Hutan dan Perubahan Iklim”
Para Pembicara (Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Djambi dan Pak Sofyan Ali anggota DPRD Jambi)
Seminar Nasional “Hutan dan Perubahan Iklim”
Moderator Nur Kholim membuka acara
Seminar Nasional “Hutan dan Perubahan Iklim”
Sesi tanya jawab