Strategi Pembangunan Indonesia Menghadapi Perubahan Iklim

Analysis28.04.2011

Perubahan iklim telah menjadi salah satu masalah global yang terpenting saat ini. Indonesia tidak hanya merupakan salah satu penyumbang gas emisi rumah kaca, terutama dari penerbangan hutan dan pengalihan lahan gambut, dengan keberadaan 18.000 lebih pulau dan sektor pertaniannya yang kuat, ia juga sangat terpengaruh oleh dampak-dampak perubahan iklim.

Sementara memang memahami kompleksitas masalah perubahan iklim seringkali sangat menantang, sangatlah penting bagi para pembuat kebijakan untuk mampu menghargai argumen-argumen dan faktor-faktor penentu perubahan iklim. Bahasa ilmiah, pemangku kepentingan yang tak terhitung jumlahnya, kebijakan nasional dan perundingan internasional menyulitkan mereka untuk memahami betul soal ini.

Seri Kertas Kebijakan tentang perubahan iklim ini menyediakan jawaban atas tantangan-tantangan yang dimaksud di atas. Masing-masing menggambarkan hambatan yang terbentang di depan kita dan apa yang harus dilakukan oleh Indonesia dalam rangka mitigasi emisi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berubah. Dengan bekerjasama dengan beberapa pakar terkemuka kertas-kertas kebijakan ini disusun agar Anda pun menjadi ahli di bidang perubahan iklim.