Tindak Lanjut Indonesia Pasca COP 21

Message01.02.2016

Diskusi terbuka yang diselenggarakan oleh Indonesia Youth Team on Climate Change, Partei Demokrat dan FNF Indonesia pada hari Kamis 28 Januari 2016 membahas tindak lanjut Indonesia Pasca COP 21 di Paris.

Diskusi dihadiri oleh dua pembicara yang ahli di bidang linkungan dan politik perubahan iklim. Yaitu Ibu Yulia Suryanti dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Bapak M. Husni Thamrin selaku Program Officer FNF Indonesia.

Menurut Ibu Yulia Suryanti untuk merealisasikan kesepakatan iklim yang telah dinegosiasikan di Paris tersebut terdapat beberapa pekerjaan yang harus dilakukan pemerintah Indonesia. Pertama harus ada rencana aksi nasional (RAN) yang megadopsi point-point penting kesepakatan COP 21. Salah satu isi penting dari RAN merupakan target penurunan emisi gas rumah kaca secara nasional. Setelah membuat suatu rencana nasional yang spesifik, maka rencana tersebut harus dimplementasikan tidak hanya pada tataran nasional saya, melainkan juga pada tataran pemerintah daerah. Dalam hal ini pemerintah daerah juga harus mengajak pemangku-pemangku kepentingan sepeti masyarakat adat dalam merealisasikan target penurunan emisi.

Tidak kalah penting menurut Ibu Yulia Suryanti adalah pengidentifikasian variable penurunan emisi secara baik. Energi dan hutan merupakan dua variabel yang harus diprioritaskan pemerintah untuk menurukan emisi karbon secara signifikan. Kebakaran hutan yang terjadi secara masal tahun lalu telah menggelontorkan emisi lebih dari satu miliar ton CO2. Konservasi hutan dan perkembangan energi terbarukan merupakan aset generasi masa depan bangsa.

Sedangkan Program Officer FNF M. Husni Thamrin menekankan bahwa ada 5 point utama yang merupakan kesimpulan dari Paris Agreement yaitu:

  1. Upaya mitigasi dengan cara mengurangi emisi dengan cepat untuk mencapai ambang batas yang disepakati yakni di bawah 2 C Celcius dan diupayakan ditekan mecapai 1.5 derajat celsius.
  2. Sistem perhitungan Karbon dan pengurangan emisi secara transparan.
  3. Upaya adaptasi dengan memperkuat kemampuan negara-negara untuk mengatasi dampak perubahan iklim.
  4. Memperkuat upaya pemulihan akibat kerusakan yang terjadi karena perubahan iklim.
  5. Bantuan, termasuk pendanaan bagi negara-negara ekonomi hijau dan negara berkembang.
Tindak Lanjut Indonesia Pasca COP 21
Para narasumber dan moderator untuk diskusi tindak lanjut Indonesia pasca COP 21
Tindak Lanjut Indonesia Pasca COP 21
Para Peserta acara dan teman-teman dari Partai Demokrat
Tindak Lanjut Indonesia Pasca COP 21
Climate Anomalie Picture bersama IYTCC