Workshop Penyusunan Rencana Aksi Daerah Kabupaten Wonosobo Ramah HAM

Yogyakarta, 12-13 Mei 2016
Message14.05.2016
Workshop Penyusunan Rencana Aksi Daerah Kabupaten Wonosobo Ramah HAM

Pada tanggal 27 April 2016 Raperda Kabupaten Wonosobo Ramah Ham telah ditetapkan menjadi Perda. Tujuan Perda ini adalah untuk menyediakan kerangka acuan tata kelola pemerintahan dan tata kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara dengan perspektif hak asasi manusia. Pasca penetapan Raperda tersebut sebagai Perda, perlu disusun kerangka aksi yang menyangkut dua mandat insrumen Perda yaitu Rencana Aksi Daerah Wonosobo ramah Ham dan Pembentukan Komisi Wonosobo ramah Ham. Maka pada tanggal 12-13 May 2016, dilaksanakan workshop “Penyusunan Rencana Aksi Daerah Kabupaten Wonosobo Ramah HAM”, yang merupakan kerjasama antara Friedrich Naumann Stiftung fur die Freiheit (FNF) Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Wonosobo. Workshop berlangsung di Greenhost Hotel, Yogyakarta.

IMG_4808

Peserta workshop adalah unsur perencana, pembuat kebijakan, pelaksana teknis dari berbagai SKPD Pemkab Wonosobo yang terkait dengan isu HAM, serta unsur masyarakat sipil, LSM dan mitra Pemkab Wonosobo dalam isu HAM. Workshop juga dihadiri dua observer dari Kementerian Hukum dan Ham, Ibu Dwi Rahayu Eka Setyowati selaku kepala Divisi Kerjasama Luar Negeri dan Ibu Rena Primayanti dari divisi yang sama. Tujuan dari workshop Penyusunan Rencana Aksi Daerah Kabupaten Wonosobo Ramah Ham adalah menyusun Rencana Aksi Daerah Wonosobo Ramah HAM, merumuskan kelembagaan Komisi Wonosobo Ramah HAM, dan menyusun langkah kerja implementasi Kabupaten Wonosobo Ramah HAM. Berikut adalah detail materi diskusi yang dibahas pada workshop:

IMG_4897

  1. Melakukan bedah singkat (quick review) Perda Kabupaten Wonosobo Ramah HAM dan proyeksi implementasi Perda;
  2. Melakukan brainstorming dan diskusi pleno maupun kelompok tentang Rencana Aksi dan Komisi;
  3. Melakukan penyelarasan dari diskusi kelompok dan melakukan finalisasi Rencana Aksi dan Rancangan Kelembagaan Komisi; dan
  4. Menuangkannya ke dalam Peraturan Bupati Wonosobo.

IMG_4818

Workshop ditutup Jumat 13 May 2016, dengan kesimpulan dan perencanaan agenda selanjutnya. Salah satunya adalah Festival Merdeka untuk Kemanusiaan dan Wonosobo Berkelanjutan, yang rencananya akan dilangsungkan 12-14 Agustus 2016.